Alam Sutera DOCTORS

Prof. Dr. dr. Idris Idham, Sp. JP (K), FIHA, FESC, FACC, FAsCC

Doctor

Alam Sutera Prof. Dr. dr. Idris Idham

Dokter Spesialis Jantung dan Menjabat sebagai Kepala Bagian Tim Dokter Spesialis Jantung OMNI Hospital Alam Sutera 

Pria kelahiran Padang pada 31 Desember 1944 silam, Prof. Dr. dr. Idris Idhan, Sp. JP(K), FIHA, FESC, FACC, FAsCC adalah Guru Besar Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Staf Medik Fungsional RS Jantung & Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta. Di OMNI Hospital Alam Sutera selaku Ketua Tim Dokter Center of Excellence Cardiology. Pendidikan Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) diselesaikannya di Padang, Sumatera Barat. Kemudian melanjutkan pendidikan Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (S1) tahun 1972, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (S2) Tahun 1983, Post Graduate Course on Invasive Cardiology, Nuclear Cardiology. Austin Hospital Melbourne, Australia, 1992. Post Graduate Course in Non-Invasive Cardiology Pacemaker. Implantation, Royal Melbourne Hospital, Australia, 1993. Pendidikan Dokter Universitas Airlangga (S3) Tahun 2000. dan sebagai Guru Besar Tetap Universitas Indonesia, Tahun 2004.

Berbagai posisi jabatan bergengsi pun pernah ia emban diantaranya Sekretaris Kolegium Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter, Spesialis Kardiovaskular (PP PERKI) 2008-sekarang, Fellow of Indonesian Heart Association (FIHA), Fellow of American College of Cardiologi (FACC), Fellow of European Society of Cardiology (FESC), Fellow of ASEAN Federation of Cardiology (FAsCC).

  • Sekretaris Kolegium Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter (1994-1998)
  • Sekjen Pengurus Pusat Perhimpunan Kardiovaskular Indonesia (1995-1999)
  • Secretary and Treasure Asean Federation of Cardiology (1994-1998)
  • Presiden ASEAN Federation of Cardiology (2006-2008)
  • Anggota International Federation of Cardiac Society
  • Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Indonesia (PP PERKI), tahun 2008 - sekarang
  • Wakil Ketua Ikatan DOkter Indonesia Wilayah Jakarta Raya, 1992-1994
  • Ketua Badan Pengawas Klub Jantung Sehat / Yayasan Jantung Indonesia, 1993-2003
  • Ketua Dewan Penasihat PB IDI, 2010-2013
  • Fellow of Indonesia Heart Association (FIHA)
  • Fellow of American College of Cardiology (FACC)
  • Fellow of European Society of Cardiology (FESC)
  • Fellow of ASEAN Federation of Cardiology (FAsCC)

Specialities

  • Prof. Dr. dr. H. Idris Idham, Sp. JP(K), FIHA, FESC, FACC, FAsCC merupakan Guru Besar Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
  • Staf Medik Fungsional RS Jantung & Pembuluh Darah Harapan Kita
  • S1 – Dokter Umum Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Tahun 1972
  • S2 – Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Tahun 1983.
  • Post Graduate Course on Invasive Cardiology, Nuclear Cardiology, Austin Hospital Melbourne, Australia, 1992.
  • Post Graduate Course on Non-Invasive Cardiology Pacemaker Implantation, Royal Melbourne Hospital, Australia, 1993.
  • S3 – Pendidikan Dokter Universitas Airlangga. Tahun 2000
  • Guru Besar tetap Universitas Indonesia. Tahun 2004
  • Pedoman Diet Sehat

    ASAM URAT

    Gout / Arthritis atau lebih dikenal dengan sebutan penyakit asam urat adalah suatu penyakit akibat metabolisme purin yang tidak normal.Ditandai dengan meningkatnya kadar asam urat dalam darah. Diikuti juga dengan

    Read More

    ASAM URAT

    Gout / Arthritis atau lebih dikenal dengan sebutan penyakit asam urat adalah suatu penyakit akibat metabolisme purin yang tidak normal.Ditandai dengan meningkatnya kadar asam urat dalam darah. Diikuti juga dengan terbentuknya timbunan kristal berupa garam urat di persendian sehingga menyebabkan peradangan sendi pada lutut dan atau jari.

    Asam urat terbentuk dari metabolisme purin dan purin merupakan bagian dari nukleoprotein.Pengaturan makan dalam hal ini sangat dianjurkan agar jaringan sendi anda dapat berfungsi optimal hingga tua nanti.

    PENGATURAN ZAT GIZI

    1. Pembatasan makanan yang mengandung asam urat tidak dapat menurunkan simpanan asam urat secara bermakna, namun demikian penderita asam urat harus membatasi atau menghindari makanan tinggi purin.

    2. Makanan yang tidak dianjurkan Daging berlemak, jeroan, kornet, daging bebek, ham, sosis, udang, sehingga konsumsi dibatasi. Bayam, buncis, daun melinjo, kacang polong, kembang kol, kacang panjang, asparagus, jamur , tahu, tempe maksimum 50 gr/ hari Minuman yang mengandung soda dan alkohol: soft drink, arak, bir, teh kental, kopi

    3. Makanan yang digoreng, sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan peradangan.

    4. Pemberian asam lemak omega 3 lebih diutamakan karena dapat menguatkan sendi dan menurunkan rasa sakityang ditimbulkan oleh peradangan.

    5. Makanan yang kaya dengan kandungan asam lemak omega 3 adalah: ikan salmon segar, ikan makarel segar, ikan herring segar, ikan tuna segar, ikan air tawar, kenari, kacang almond, dan biji bunga matahari baik untuk dikonsumsi.

    6. Vitamin A dan C, dibutuhkanuntuk melawan radikal bebas dan meningkatkan kesehatan jaringan, otot dan tendon. Kecukupan vit A untuk dewasa : 500 – 600 µg RE/hari’ (1500 – 1800 SI)kecukupan vit C: 75 – 90 mg.

    7. Vit C terdapat pada buah buahan dan sayuran: strawberry, kiwi, semangka, pepaya, apel, buah persik (peach), mangga, labu, ketela, gambas, kentang, brokoli, dan tauge.

    8. CAIRAN, asupan cairan dianjurkan ± 3 liter per hari untuk membantu mengeluarkan asam urat dan meminimalkan pembentukkan batu ginjal.

    9. Aturan minum yang baik adalah pagi pagi sekali sebelum sarapan, sebelum makan dan sesudah makan.

    10. Selain dari air putih bisa di dapat dari makanan yang mengandung air banyak seperti pada sayuran dan buah.

    11. SERAT, kebutuhan serat yang dianjurkan untuk penderita asam urat 20 – 30 gram.

    12.Serat yang cukup dapat membantu mempercepat proses pembuangan sebelum sisa makanan berubah bentuk menjadi bentuk toksik. 

    13. Minuman tradisional, kunyit dan temulawak mengandung curcumin yang dapat mengurangi reaksi inflamasi pada sendi.

     

    TIPS !!

    • Jangan terbiasa mengkonsumsi makanan siap saji atau makanan kemasan sebelum anda mengetahui benar kandungannya.
    • PRODUK KOMERSIAL, makanan kemasan yang sudah siap saji, baik berasal dari daging, ikan dan kerang kerangan, susu dan jagung didalam tubuh dapat diubah menjadi senyawa kuat yang dapat menyebabkan peradangan.
    • ALKOHOL, Etanol yang terkandung dalam makanan dapat meningkatkan produksi asam urat dan anjurkan untuk tidak mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.
    • pH Makanan, penderita asam urat biasanya mempunyai kadar asam yang tinggi (pH urin di bawah 6,3) hal ini sangat berpotensi untuk meningkatkan perkembangan peradangan.
    • Keasaman dapat diturunkan dengan menurunkan asupan makanan yang mengandung pH asam dan meningkatkan dengan pH alkali.
    • Contoh makanan yang ber-pH asam adalah: gula, alkohol, cuka, kopi, daging dan produk susu.
    • Makanan yang memiliki sifat alkali terdiri dari semua sayuran kecuali tomat, lidah buaya, gandum, klorofil dan seledri.

     

    -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    AWALI HIDUP SEHAT DARI SALURAN CERNA

     

    Pada dasarnya sistem pencernaan merupakan satu tabung panjang yang dimulai dari mulut anda, dilanjutkan turun hingga tenggorokan menuju perut anda kemudian diteruskan ke usus kecil dan besar hingga rectum dan berakhir.Sistem pencernaan yang sehat dan terjaga dengan baik akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.
     
    SALURAN CERNA
    Saluran cerna makanan merupakan saluran yang menerima makanan dari luar dan mempersiapkannya untuk diserap oleh tubuh dengan jalan proses pencernaan (Pengunyahan, Menelan, Pencampuran) dengan enzim dan zat cair yang terbentang mulai dari mulut (oris) sampai anus mengeluarkan sisa proses tersebut melalui rectum.
    Saluran cerna ini berfungsi untuk menyerap nutrisi dalam makanan dan mengeluarkan bagian makanan yang tak diserap dari tubuh. Saat saluran cerna tidak bekerja dengan optimal, proses penyerapan gizi pun akan terganggu. Salah satu cara agar saluran pencernaan anda tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan kaya serat.

    SERAT
    Serat merupakan nutrisi penting untuk menunjang kesehatan. Serat dapat kita bedakan menjadi serat larut dan serat tidak larut. Serat larut akan membantu memperlambat waktu pengosongan lambung sehingga difermentasi oleh bakteri baik yang terdapat di dalam usus lebih baik. Sedangkan serat tak larut akan membantu menahan air serta menambah berat dan volume feses sehingga lebih mudah dikeluarkan, membuat kenyang lebih lama dan juga memperlambat penyerapan gula.
     
    MANFAAT SERAT
    Serat tak hanya untuk saluran pencernaan tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Manfaat serat bagi kesehatan tubuh antara lain :

    1. Mencegah dan mengatasi sembelit atau konstipasi.
    2. Membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi nafsu makan dan membuat kenyang lebih lama.
    3. Mencegah kanker kolon (usus besar).
    4. Menurunkan kolesterol.
    5. Membantu dalam terapi diet untuk berbagai penyakit, terutama yang berhubungan dengan saluran cerna.

     
    SUMBER SERAT
    Nasi merah, gandum, dan kacang-kacangan adalah contoh sumber makanan yang kaya serat. Serat juga terdapat dalam sayuran dan buah-buahan segar seperti brokoli, buah pir, tomat, pepaya, dan lain-lain. Tak hanya kaya serat, sayuran dan buah-buahan juga kaya akan vitamin dan mineral yang akan membantu tubuh anda berfungsi optimal.
    Vitamin sangat penting peranannya untuk optimalisasi sistem sitem pencernaan anda. Asupan folat misalnya, cocok untuk pencernaan yang sehat. Sekitar 600 mikrogram/ hari yang dapat anda peroleh dari asparagus, hati, avokad, bayam, jus jeruk, beet, dan lain-lain.

    • Gangguan Pencernaan & Penyakit Pencernaan
    • Gangguan pada sistem pencernaan makanan dapat disebabkan oleh
    • Pola makan yang tidak teratur.
    • Infeksi bakteri.
    • Kelainan pada organ-organ pencernaan.

     
    Beberapa gangguan pencernaan dan penyebab penyakit pencernaan

    1. Appendiksitis (Usus Buntu)
    Appendiksitis adalah radang usus buntu, dapat merembet ke usus besar dan menyebabkan radang selaput rongga perut.
    2. Diare
    Diare dapat disebabkan oleh stress, konsumsi makanan yang tidak bersih, atau organisme perusak yang melukai dinding usus.
    3. Konstipasi atau sembelit
    Sembelit biasanya dapat disebabkan karena kurangnya mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur dan terlalu banyak mengkonsumsi daging. Untuk mencegah sembelit dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah seta minum air putih minimal 8 gelas perhari.
    4. Tukak lambung
    Disebabkan karena produksi HCL yang berlebihan yang mengakibatkan terjadinya gesekan pada dinding lambung dan usus halus, sehingga timbul rasa nyeri. Gesekan akan lebih parah lagi jika lambung dalam keadaan kosong karena pola makan yang tidak teratur dan pada akhirnya mengakibatkan perdarahan lambung.Gastritis (Maag)
    Disebabkan oleh peningkatan asam lambung. Ada beberapa beberapa faktor yang dapat memicu meningkatnya asam lambung, yaitu :

    • Gaya hidup yang tidak sehat.
    • Pola makan yang tidak teratur.
    • Mengkonsumsi makanan makanan yang banyak mengandung lemak.
    • Stress, kelelahan, dan tekanan emosional yang berlebihan.
    • Sering bergadang, kurang tidur atau isomnia.
    • Merokok.
    • Kecanduan kopi yang berlebihan.
    • Mengkonsumsi minuman berakohol.
    • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu yang panjang seperti aspirin.
    • Bakteri, mikroorganisme yang merugikan (helycobacter pylori), karena mengeluarkan zat yang merangsang produksi asam lambung.

     
    Bagaimanan cara mencegah timbulnya gangguan pencernaan & penyakit pencernaan ?

    • Menjaga waktu makan tidak terlalu berdekatan agar makanan dapat dicerna dengan sempurna.
    • Meningkatkan konsumsi makanan yanga kaya serat.
    • Makanan yang dikonsumsi hendaknya dikunyah dengan baik karena akan memudahkan proses pencernaan selanjutnya.
    • Gizi seimbang
    • Jangan makan atau minum terlalu panas atau dingin karena dapat mengiritasi lapisan dinding lambung.
    • Hindari makan terlalu banyak atau kekenyangan.
    • Jangan berbaring atau tidur setelah makan, beri jarak 1-2 jam.
    • Batasi makanan atau minuman yang dapat memicu gangguan pencernaan seperti (fast food, makanan yang mengandung kolesterol tinggi, minuman berakohol dan bersoda).
    • Kurangi makanan yang menimbulkan gas seperti nangka, durian dan umbi-umbian.
    • Perbanyak konsumsi air putih.
    • Menjaga pola hidup sehat dan pola makan yang sehat agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit pencernaan dan gangguan pencernaan.
       

    TIPS PENCERNAAN SEHAT

    1. Jenis Makanan
    Makan makanan bervariasi dan jangan lupa pastikan sayur dan buah selalu ada dalam menu makan anda.
    2. Waktu makan
    Makanlah secara teratur setiap harinya agar sistem pencernaan Anda berjalan optimal. Jeda dari waktu makan satu ke waktu makan lainnya juga harus diperhatikan untuk memberikan tubuh Anda waktu mencerna makanan yang sebelumnya. Hal ini dapat mencegah gangguan pencernaan seperti kembung.
    3. Olahraga
    Olahraga secara teratur juga dapat membantu anda mendapatkan sistem pencernaan sehat. 3 Manfaat yang anda peroleh yaitu mempertahankan berat badan, menurunkan resiko gangguan pencernaan, dan merangsang perbaikan saluran cerna.
     
     
    Selain memperhatikan pola makan, istirahat yang cukup juga menentukan kualitas hidup sehat Anda. Semua berawal dari pikiran, sebaik-baiknya orang sehat adalah hidup damai tanpa stres.

     

    -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    PENGATURAN MAKAN UNTUK SEHAT JANTUNG

     

    Kadar kolesterol berlebih dalam pembuluh darah (HIPERKOLESTEROLEMIA) akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah (Aterosklerosis) yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke .

    HIPERKOLESTEROLEMIA dapat terjadi karena Gaya hidup tidak sehat, Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak jenuh dan berkolesterol tinggi, kebiasaan Merokok atau minum kopi berlebih, kurang olah raga, stress danfaktor usia. Faktor genetik atau keturunan, mempunyai riwayat hypertensi, penyakit jantung koroner, obesitas, diabetes mellitus.

    TIPS MENGENDALIKAN KOLESTEROL

    • Dengan berolahraga secara teratur 3-5 kali dalam seminggu kurang lebih selama 30 menit.
    • Terapkan pola makan sehat dengan menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi.
    • Hindari penggunaan sumber Lemak Jenuh seperti: Lemak Sapi, Lemak Babi, Susu full cream, keju, cream, mentega, jeroan, ham sosis, otak, jenis kerang, udang.
    • Sebagai pengganti gunakan lemak yang berasal dari: minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (minyak jagung, minyak biji bunga matahari, minyak biji kapas dan minyak kacang kedelai.
    • Batasi penggunaan kuning telur hingga 2-3 butir seminggu.
    • Batasi penggunaan daging hingga 3 kali dalam seminggu, paling banyak 100 gram perhari. Makanlah sering ikan atau ayam tanpa kulit.
    • Gunakan sering lauk nabati seperti: tahu, tempe, dan hasil kacang-kacangan lainnya.
    • Batasi penggunaan gula, makanan dan minuman manis seperti: kue tart, lapis legit, kue-kue manis, dodol, cokelat, minuman manis seperti: sirup, coca cola.
    • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah
       

    BAGAIMANAKAH SEBAIKNYA CARA MEMASAK??

    1. Bila memasak daging, pilihlah daging yang kurus, keluarkanlah bagian-bagian yang berlemak.
    2. Gunakan minyak atau margarin yang tergolong lemak jenuh seperti minyak biji bunga matahari, minyak jagung, minyak kacang atau yang sejenis.
    3. Untuk pengganti santan dapat menggunakan susu tanpa lemak.
    4. Cara memasak yang dianjurkan adalah merebus, menumis, mengungkep, mengukus/ tim, memanggang hindarkan menggoreng sebanyak mungkin.
    5. Apabila menggoreng gunakan minyak baru dengan panas sedang, hindari penggunaan minyak bekas.   

     

     

    ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    MENJAGA POLA MAKAN PADA PENDERITA DIABETES?



    5 pilar yang penting pada pengelolaan Diabetes:

    Edukasi

    Perencanaan Makan

    Aktivitas fisik

    Obat-obatan

    Cek gula darah

     

    EDUKASI

    Perluas wawasan secara terus menerus, Tidak hanya berhenti mengkonsumsi gula namun ketahuilah tindakan pencegahan

    PERENCANAAN MAKAN

    Diet ala penyandang diabetes dilakukan dengan mempertahankan 3 J yaitu: jadwal makan yang tepat, Jenis makanan yang sesuai, Jumlah asupan yang pas

    AKTIVITAS FISIK

    Seorang penyandang diabetes harus aktif berolah raga seperti: berenang, joging, sepeda, yoga secara teratur. Konsultasilah terlebih dahulu dengan dokter mengenai oleh raga yang tepat untuk anda.

    OBAT-OBATAN

    Disiplin dalam mengkonsumsi obat-obatan dan insulin secara teratur agar gula darah tetap terkontrol.

    CEK GULA DARAH

    Lakukan pemantauan kadar gula darah secara mandiri dan HbA1c setiap 1-3 bulan sekali di laboratorium. A1c adalah gula yang melekat pada haemoglobin (Hb). Nilai A1c menyimpulkan keadaan gula darah selama 8-12 minggu terakhir.

    Tes gula darah sewaktu (kapan saja) digunakan sebagai patokan oleh diabetesi untuk mengetahui kondisi dirinya apakah dirinya hipoglikemi atau hiperglikemi.

     

    TUJUAN PERENCANAAN MAKAN

    1. Mengendalikan glukosa darah dalam batas normal

    Batasan gula darah puasa (tidak mengkonsumsi makan dan minum kecuali air putih selama 10 jam sebelum test)

    -Normal < 100 mg/dl

    -Prediabetes 100-125 mg/dl

    -Diabetes >126 mg/dl

    Batasan gula darah 2 jam setelah makan

    -Normal <140 mg/dl

    -Prediabetes 140-199 mg/dl

    -Diabetes ≥ 200 mg/dl

    Batasan HBA1c (Haemoglobin A1c menggambarkan kondisi gula darah rata-rata 3 bulan ke belakang

    -Normal < 5,7

    -Prediabetes 5,7- < 6,5

    -Diabetes ≥ 6,5

    2. ngendalikan lipida darah

    3. Menunda / mencegah komplikasi

    4. Mencapai / mempertahankan berat badan normal

    5. Perencanaan makan sesuai dengan kebutuhan individu dengan memperhatikan kebisaan makan dan kemauan adanya untuk berubah

    6. Tetap menikmati makan dengan memilih makanan yang dibatasi hanya berdasarkan bukti ilmiah.

     

    JENIS MAKANAN HARUS MEMENUHI SYARAT GIZI LENGKAP DAN SEIMBANG

     

    1. Energi cukup untuk mencapai dan mempertahankan berat badan normal ( 25-30 kkal/ kg BB normal)

    2. Kebutuhan Karbohidrat anjuran 45-65 % dari total kalori, terutama pilih karbohidrat komplek seperti: nasi beras merah, Ubi, singkong, talas, Cereal, Gandum, Sayur, Buah. Hindari mengkonsumsi karbohidrat sederhana seperti: Gula, madu. Untuk jumlah konsumsi gula tidak lebih dari 5% dari total kalori (3-4 sendok makan) sehari yang tentu saja dalam takaran yang tebagi. Contoh: Diabetesi dengan kebutuhan kalori 1700 kkl sehari dapat mengkonsumsi 85 kalori sehari.(1 gram=4 kalori) 85 kalori / 4 kalori ? 21,25 gram gula.

    3. Kebutuhan LEMAK, anjuran 20-25% total kalori, Lemak Bukan MUSUH, jika kita bisa mencermatinya dan membagi dalam asupan makanan kita sehari hari. Terlalu banyak mengkonsumsi lemak dapat berakibat meningkatkan kadar trigliserida/ Kolesterol darah. Meskipun demikian jangan pula menganggap lemak sebagai MUSUH, karena lemak diperlukan bagi tubuh. Banyak sekali sumber manfaatnya bagi tubuh slah satunya sebagai sumber energi tubuh. (Ingat Kalori yang dihasilkan dari lemak 2x lipat tinggi dibanding Karbohidrat dan protein).

    4. Kebutuhan Protein, anjuran 10-15% total kalori, sumber hewani: daging rendah lemak, ayam tanpa kulit, ikan, telur. Sumber Nabati: Kacang-kacangan, tahu, tempe.

    5. Cukup Vitamin dan Mineral.

    6. Asupan serat dianjurkan 25 gram/ hari. Sumber: sayur dan buah

    7. Diabetesi sering mempunyai tekanan darah tinggi atau hipertensi, kurangi asupan natrium atau garam untuk mengurangi komplikasi. Anjuran konsumsi garam 6-7 gram per hari (2 sdt peres perhari). Kurangi konsumsi : Ikan asin, Telur asin, sosis, nugget, sardin, corned.

    8. Pemanis Alternatif, merupakan pemanis selain gula yang merupakan bahan makanan tambahan. Pemanis berkalori : FRUKTOSA, SUKROSA, MADU. Pemanis tidak berkalori : SAKARIN, ASPARTAM, STEVIA. Anjuran untuk pemakaian pemanis alternatif 1 -2 sachet/ hari.

Jadwal Praktek Dokter :

Senin   : 09.00 - 12.00 WIB

Jumat  : 13.00 - 15.00 WIB

Sabtu  : 13.00 - 14.00 WIB