Waspada, Penyakit Kawasaki Serang Anak

Waspada, Penyakit Kawasaki Serang Anak

Jika anak Anda rewel dan demam tinggi hingga 104 F, terdapat beberapa bercak merah di bagian tubuh anak, kemudian ada pembengkakan dibagain leher, waspadalah, bisa jadi anak anda terserang penyakit Kawasaki.

Apa itu penyakit kawasaki, seperti yang dikutip pediatrics.ucsd.edu, Kawasaki adalah penyakit yang disebabkan peradangan pembuluh darah di seluruh tubuh. Penyakit ini ditemukan di Jepang pada 1967 oleh seorang dokter anak bernama Kawasaki. Untuk menghargai jasanya, penyakit ini pun dinamai Kawasaki.

Kawasaki selalu menyerang anak-anak terutama di usia di bawah lima tahun, kebanyakan kasus yang ditemukan adalah pad anak laki-laki. Gejala yang ditimbulkan saat anak terserang penyakit Kawasaki adalah demam beberapa hari, timbul ruam atau bercak merah, pembengkakan tangan dan kaki, mata merah, iritasi dan peradangan selaput lendir mulut, bibir, lidah dan tenggorokan serta pembengkakan kelenjar getah bening di leher. Dampak jangka pendek mungkin tidak terlalu serius, tetapi pada beberapa kasus dapat terjadi komplikasi jangka panjang termasuk kerusakan arteri koroner.

Hingga saat ini belum diketahui secara jelas penyebab penyakit Kawasaki. Banyak peneliti berpendapat mungkin akibat infeksi (virus atau bakteri). Terdapat kecenderungan kearah faktor herediter atau keturunan sehingga misalnya lebih sering ditemukan pada keturunan Jepang. Saat ini tidak ada bukti bahwa penyakit ini bisa menular.

Penanganan terbaik bagi penderita Kawasaki adalah pemberian gamaglobulin (fraksi protein darah manusia) dosis tinggi yang diberikan secara intravena. Obat inipaling efektif dalam mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan arteri koroner jika diberikan dalam 10 hari pertama sejak sakit. Juga diberikan aspirin dosis tinggi pada awal fase akut sampai demam reda.

Jika anak Anda sudah menunjukan gejala seperti di atas, segera periksakan anak Anda ke Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan intensif. Jika terlambat ditangani, penyakit Kawasaki akan berakibat fatal yang berujung pada kematian.

 

 

Dr. dr. Najib Advani

Dr. dr. Najib Advani

Sp.A(K), M Med (Paed) | Doctor

Read More