Manfaat ASI Bagi Buah Hati

Manfaat ASI Bagi Buah Hati

Air Susu Ibu (ASI) mempunyai 400 kandungan nutrisi didalamnya yang sangat baik untuk asupan sang buah hati. Dengan banyaknya khasiat terkandung didalamnya, ASI dapat memenuhi kebutuhan kebutuhan bayi hingga tahapan tumbuh kembang. Apabila ibu memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan juga dapat menekan risiko sakit infeksi telinga, radang paru-paru (pneumonia), radang pencernaan (gastroenteritis), dan sekaligus meningkatkan kecerdasan pada bayi. Berikut ini 6 (enam) manfaat ASI bagi buah hati yang perlu ibu ketahui :

-ASI mengandung zat gizi paling sempurna untuk pertumbuhan bayi dan perkembangan kecerdasannya
Bila dibandingkan ASI dengan produk susu kalengan atau formula untuk sang buah hati, ASI tetap terunggul dan tak terkalahkan. Karena ASI memiliki semua kandungan zat terpenting yang dibutuhkan oleh bayi, seperti DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasius, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin dan lisozim.


-ASI sebagai sarana untuk mendekatkan sang ibu dengan bauh hatinya
Asi merupakan makanan utama sang buah hati setelah dilahirkan. Selain sebagai makanan utama ASI juga berperan dalam mendekatkan kedekatan jiwa antara sang ibu dengan sang anak. Bahkan pemberian ASI eksklusif juga dapat memiliki kedekatan dan hubungan yang lebih baik.


-ASI memberikan kekebalan tubuh yang optimal untuk bayi
ASI yang keluar pertama kali usai persalinan mengandung kolostrum untuk menigkatkan daya tahan tubuh lebih baik dibanding pemberian ASI berikutnya. Hal ini karena ASI pertama mengandung zat kekebalan tubuh yang lebih tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk pembentukan sistim imun sang bayi.


-ASI selalu tersedia, higienis, tidak basi dan selalu segar
Tidak seperti susu yang lain, ASI tidak akan basi karena langsung dihasilkan dari payudara sang ibu tanpa campur tangan bahan kimia. Agar ASI yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik, sang ibu harus memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya bergizi seimbang dan tepat.


-ASI menjadi pelindung yang baik
ASI menjadi pelindung tang baik untuk sang bayi dari berbagai penyakit atau insiden seperti kematian bayi secara mendadak, gangguan pencernaan, diare, infeksi telinga dan lain-lain. Selain itu, ASI juga mampu memberi rangsangan kepada sang bayi agar kebal terhadap berbagai bahan makanan dan memberikan perlindungan dari berbagai alergi makanan.


-ASI mengandung kalori 67-68 kkal/100 ml yang menjadi sumber energi ideal bagi pertumbuhan bayi.
Pemberian ASI bermanfaat bagi ibu dan anak


Manfaat ASI bukan hanya untuk sang bayi akan tetapi juga sangat baik untuk sang ibu, karena dengan menyusui sang ibu dapat melepaskan ketegangan yang ada pada payudaranya. Selain itu, memperkecil risiko sang ibu terkena kanker ovarium, dibanding dengan wanita yang tidak memberikan ASI.

 

 

 

Dr. Mufti Yunus

Dr. Mufti Yunus Sp.OG 
READ MORE