Kebiasaan Ini Bisa Buat Otak Semakin Tajam

Kebiasaan Ini Bisa Buat Otak Semakin Tajam

Otak merupakan bagian tubuh yang memiliki fungsi vital untuk membantu Anda agar bertahan hidup. Sehingga penting bagi Anda untuk menjaganya supaya otak tetap sehat dan tajam bukan? Otak yang tajam bisa memudahkan Anda untuk mengerjakan aktivitas sehari-hari. Selain itu, otak yang tajam juga membantu Anda untuk memiliki ingatan yang tajam sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit demensia atau Alzheimer.

Nah, berikut ada beberapa kebiasaan nih yang dipercaya bisa bikin otak Anda maupun si anak semakin cerdas dan tajam (dilansir: boldsky.com)

  1. Bertemu dengan orang baru
    Pasti menyenangkan bukan bertemu dengan orang baru? Ketika Anda bertemu dengan orang baru, maka biasanya pikiran Anda terbuka. Nah, dari situ juga Anda bisa mendapat pengetahuan baru apalagi jika orang-orang tersebut memiliki latar belakang yang berbeda dengan Anda. Hal ini bermanfaat positif untuk pertumbuhan dan perkembangan otak Anda.

  2. Meditasi
    Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa meditasi akan membantu Anda untuk lebih santai, tenang, dan tidak stress. Sementara otak Anda sendiri akan lebih terbuka dalam menyerap informasi terbaru ketika sedang tidak stress.

  3. Lakukan aktivitas baru
    Mempelajari hal baru yang menjadi aktivitas baru akan menantang kemampuan otak Anda. Nah, Anda juga bisa terapkan ini ke anak Anda. Dengan ikutkan anak Anda les di mana di sekolah tidak ia dapatkan, itu bisa menjadi salah satu contoh mencari aktivitas baru untuk anak.

  4. Lakukan aktivitas fisik
    Jika tubuh Anda aktif, maka pikiran Anda juga cenderung aktif. Hal inilah juga yang kemudian mampu mempertajam otak.

  5. Makan makanan sehat
    Dengan asupan makanan sehat, otak juga pastinya akan merasakan juga. Sebab sel-sel otak membutuhkan nutrisi yang cukup untuk membuatnya sehat dan lebih tajam.

  6. Cukup tidur
    Saat Anda tertidur, di situlah otak akan memproduksi sel baru. Nah, hal inilah yang akan memberikan dampak positif untuk perkembangan otak. So, pastikan Anda punya cukup waktu untuk tidur setiap hari.

See? Itulah cara termudah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan otak Anda. Oleh karena itu, sesibuk apapun Anda, selalu sempatkan lakukan aktivitas sederhana di atas supaya otak selalu tajam.

 

 

Dr. Alfred Sutrisno Sim

Dr. Alfred Sutrisno Sim

Sp.BS (K) | Doctor

Read More