Apa itu Penyakit Katup Jantung?

Apa itu Penyakit Katup Jantung?

Penyakit katup jantung adalah gangguan atau penyakit pada katup jantung, yaitu jaringan penutup yang mengatur aliran darah ke dan dari ruang jantung.

Pasien dengan penyakit katup jantung memiliki malfungsi satu atau lebih katup jantung. Ada beberapa tipe penyakit katup jantung dengan gejala dan pilihan pengobatan berbeda.

Masalah dengan katup jantung mungkin terjadi sebagai akibat infeksi (paling umum infeksi endokarditis dan demam reumtik), degenerasi, atau tidak normal keturunan.

Penyebab dan Gejala

Endokarditis Infektif – Sebagian besar orang sehat, jantung normal tidak beresiko signifikan untuk terkena infeksi katup jantung ini. Ereka dengan demam reumatik, dengan luka parut, atau penyakit jantung keturunan, mungkin terkena penyakit ini.

Bedah mulut atau operasi yang melibatkan mulut, kantung kemih, prostat, atau organ pelvis wanita meningkatkan resiko infeksi ini. Penyakit juga mungkin terjadi pada pecandu obat yang menyuntikan obat melalui vena mereka menggunakan jarum tidak steril, bahkan jika mereka memiliki katup jantung normal. 

Pasien yang memiliki penyakit mungkin merasakan demam, lemah lesu, berkeringat malam, kedinginan, dan inflamasi sendi. Pada pasien dimana penyakit ini berkembang perlahan, gejala mungkin meliputi detak jantung cepat, pembesaran limpa, berbagai ruam atau bintik kulit, dan murmur jantung. Demam reumtik – Ini diakibatkan respon alergi pada tipe tertentu bakteri streptokokal. Jika ini terjadi, ini mungkin sering terjadi pada anak yang mengalami infeksi streptokokal yang tidak diobati sepenuhnya. Penyakit jantung reumatik kronik dapat diakibatkan dari hanya satu atau beberapa serngan demam reumatik.

Gejala deman reumatik meliputi demam, nyeri sendi, dan baik benjolan dibawah kulit atau timbulnya kemerahan pada kulit. Penyakit katup jantung lainnya – Dengan penuaan, kumplan kalsium menyebabkan penebalan dan kebocoran katup jantung. Serangan jantung dapat duja merusak struktur katup mitral, dan gangguan jaringan konektif tertentu seperti sindrom Marfan dan degenerasi myxomatus, dapat juga berlawanan mempengaruhi katup jantung.

Diagnosa 

Tipe penyakit katup jantung tertentu didiagnosa menggunakan elektrokardiogram, echokardiogram, studi x-ray tertentu, dan/atau kateterisasi jantung.

Endokarditis Infektif
Diagnosis bisa didapat melalui sejarah, pemeriksaan fisik, tes lab, EKG dan echocardiogram.

Demam Reumatik
Demam reumatik dicurigai mengikuti infeksi tenggorokan terakhir. Gejala meliputi nyeri sendi, electrocardiogram tidak normal atau inflamasi jantung diindikasikan melalui tes darah. Murmur jantung dideteksi dari pemeriksaan rutin.

Pengobatan 

Pengobatan penyakit katup jantung spesifik bervariasi, tergntung katup yang terlibat dan sejauh mana kerusakan atau malfungsi. Beberapa pasien tidak memerlukan pengobatan spesifik dan banyak bisa diobati dengan obat-obatan. Kadang, pasien memerluka operasi. Jika penyakit katup berganda dicurigai, katup yang berbeda dievaluasi saat operasi salah satu katup yang terkena. Wanita dengan penyakit katup jantung dan ingin mengandung harus melakukan cek up menyeluruh dan menemui ahli jantung teratur selama kehamilan mereka.

Endokarditis Infektif
Tergantung tipe bacterium yang menyebabkan penyakit, antibiotika yang sesuai atau kombinasi antibiotic digunakan untuk mengobati endokarditis infektif. Kasus parah diperbaiki dengan operasi penggantian katup.

Demam Reumatik
Pasien dengan demam reumatik diobati dengan antibiotika untuk menghilangkan organisme streptokokal yang masih tinggal di jantung. Pasien menerima antibiotika untuk mencegah infeksi lebih lanjut, dan inflamasi diobati dengan aspirin atau obat serupa kortison.

 

Dr. Alfa Ferry

Dr. Alfa Ferry

MD, FRCS, FCF, FIHA, SpBTKV | Doctor

Read More