• Home
  • Articles
  • RS OMNI - EMC Cikarang Sukses Melakukan Bypass Jantung Koroner Pertama diKabupaten Se PURWABEKA
RS OMNI - EMC Cikarang   Sukses Melakukan Bypass  Jantung Koroner Pertama diKabupaten Se PURWABEKA

RS OMNI - EMC Cikarang Sukses Melakukan Bypass Jantung Koroner Pertama diKabupaten Se PURWABEKA

OMNI Hospital Cikarang milik group EMC Healthcare mengumumkan sudah  mendirikan  pusat  pelayanan  jantung  dan  pembuluh  darah (Heart & Vascular Center) yang komprehensif dan sudah berhasil melaksanakan bedah jantung terbuka pertama atau tidak pernah dilakukan sebelumnya di Kab. Se-PURWABEKA.  Jenis bedah jantung yang dilakukan ini adalah Operasi Coronary Artery Bypass Graft (CABG) atau yang lebih lazim disebut orang awam Bypass Jantung Koroner. Keberhasilan operasi besar dan sulit ini tentu menjadi suatu kemajuan bidang ilmu kedokteran khususnya Ilmu Bedah Jantung Koroner di kabupaten Se-PURWABEKA.  Selama ini, operasi bedah jantung koroner ini harus dilakukan keluar kabupaten Se-PURWABEKA, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, bahkan keluar negeri.   

Direktur OMNI Hospital Cikarang, dr. Rudy Susanto, menjelaskan secara sederhana bahwa tindakan atau prosedur CABG sebenarnya adalah pembuatan jalur baru atau  bypass  di sekitar  coronary  artery  yang  tersumbat  akibat  tumpukan  lemak,  thrombus  yang disebut trombosis atau aterosklerosis. Jalur baru yang sudah tersambung ini akan membuat aliran darah yg menuju organ jantung  menjadi  lancar sehingga sel jantung  cukup mendapatkan  nutrisi dan oksigen  dan akan membuat jaringan jantung dan otot jantung menjadi  kuat untuk memompa darah keseluruh tubuh untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi organ tubuh lainnya. “Bedah Jantung Koroner terbuka pertama di kabupaten  Se-PURWABEKA ini tentunya  merupakan  suatu prestasi besar pusat pelayanan  jantung (Heart & Vascular Center) Rumah Sakit EMC-OMNI Cikarang yang didukung oleh Dokter Spesialis Jantung, Pembuluh Darah dan Bedah Jantung berpengalaman luas dan kompeten di bidang kedokteran kardiovaskuler, dan sudah banyak melakukan bedah bypass jantung koroner dan pergantian katup jantung dengan sukses”.

Sukses bypass jantung koroner ini menjadi kebanggaan jajaran managemen OMNI Hospital Cikarang karena menjadi suatu milestone baru dan sejarah penting bagi OMNI Hospital Cikarang, yang saat ini sedang terus menerus berupaya merealisasikan tiga misi utama EMC Healthcare Group yaitu memperioritaskan  kebutuhan  kesehatan  dan  keselamatan  pasien,  membudayakan  pembelajaran  dan inovasi  yang berkelanjutan,  dan mendirikan  pusat pelayanan  kesehatan  unggulan  terbaik  yang berkualitas internasional kepada pasien, keluarga pasien, mitra usaha, dan masyarakat di semua pemerintahan Se Kabupaten  PURWABEKA,  khususnya  pelayanan  bagi pasien dengan  penyakit  jantung,”  kata dr Rudy Susanto, Selasa (26/10/2021).

dr. Rudy Susanto menjelaskan,  tindakan CABG  ini dilakukan  pada pasien  Pria berusia  57 tahun  dengan riwayat penyakit  jantung  koroner  yang membutuhkan  bedah  jantung  terbuka  bypass.  Ruang  Operasi  Rumah Sakit OMNI Cikarang yg sudah di lengkapi dengan heart and lung machine menjadi tempat pelaksanaan bedah jantung terbuka ini. Lebih lanjut dr. Rudy menyebutkan tim pusat pelayanan jantung OMNI Hospital Cikarang adalah dr. Marolop Pardede, Sp. BTKV, ketua tim operator, dr. Kabul Priyantoro, Sp. JP Interventionalis, dan dr. Mailani Karina Akhmad, Sp.JP dan dokter subspesialis penunjang Anestesi Cardiovascular, dr. Yudhi Prasetyo Sp, An. Operasi Jantung Bypass ini sukses dilaksanakan pada tgl 24 Oktober lalu. Proses perawatan paska operasi pasien ditangani oleh dokter dan perawat spesialis di bidangnya. Operasi jantung berjalan selama kurang lebih 6 jam.

Setelah bedah jantung bypass selesai, pasien dipindahkan ke Ruang ICU (Intensive Care Unit) untuk diobservasi lebih lanjut selama 6-8 hari. Selama di Ruang ICU pemulihan keadaan pasien cukup cepat dan dari hari kehari keadaan pasien tercatat semakin stabil dan membaik, dan hari ini, tgl 1 November 2021, kondisi pasien membaik dan diperbolehkan untuk pulang dari OMNI Hospital Cikarang. “Kami mengharapkan kesuksesan operasi bypass jantung koroner atau CABG pertama di Kab. Se-PURWABEKA ini akan menjadi awal sukses yang baik untuk mempersiapkan kapabilitas Rumah Sakit kami dengan lebih baik lagi untuk menerima kasus-kasus operasi jantung CABG berikutnya, bukan hanya dari kabupaten Bekasi, tetapi juga kabupaten Kerawang, Purwakarta (PURWABEKA) dan dari daerah lain di luar Jawa Barat.  

Kami atas nama dewan direksi dan direksi korporat EMC Healthcare Group dan seluruh jajaran managemen unit bisnis dan divisi memberikan penghargaan tertinggi dan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh tim pusat jantung dan pembuluh darah OMNI Hospital Cikarang yang terlibat sehingga tindakan CABG ini bisa terlaksana dengan sukses," papar dr. Rudy.

Pusat Pelayanan Jantung & Pembuluh Darah Rumah Sakit OMNI-EMC Cikarang sudah memulai pelayanannya sejak tgl 1 September 2021 yang lalu setelah mendapatkan ijin untuk pemanfaatan atau utilisasi fasilitas Cath Lab nya dari BAPETEN. Belum dua bulan sejak mulai operasional, pusat jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit OMNI-EMC Cikarang sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat setempat dan sekitar Kab. Se - PURWABEKA dan sudah berhasil melakukan lebih dari 10 intervensi dan tindakan kasus kasus jantung dan pembuluh darah.

Grand Opening dan peresmian Pusat Pelayanan Jantung dan Pembuluh darah Rumah Sakit OMNI-EMC Cikarang akan di umumkan melalui konferensi pers yang akan laksanakan pada tanggal 3 November 2021 di area parkir  dan lobi Rumah Sakit OMNI-EMC  Cikarang  dan akan  di hadiri  oleh  pejabat-pejabat  tinggi  dan  tertinggi pemerintahan kabupaten Bekasi, dinas kesehatan, ketua asosiasi profesi dokter (IDI), dan dokter dokter jantung dan pembuluh  darah (PERKI),  mitra usaha  Rumah Sakit baik dari suppliers  maupun  penjamin  pembiayaan  kesehatan, pimpinan tertinggi dari Kepolisian Resor Metro Bekasi, Kapolsek, Dandim, Danramil, ketua ARSSI Purwabeka,  serta  Dewan  Direksi,  dan  jajaran  Direksi  Korporat  EMC  Healthcare Group.