• Home
  • Articles
  • Pengobatan Nyeri Sendi dengan Operasi Penggantian Sendi
Pengobatan Nyeri Sendi dengan Operasi Penggantian Sendi

Pengobatan Nyeri Sendi dengan Operasi Penggantian Sendi

Ketika rasa nyeri pada telah mencapai derajat yang parah yaitu grade 4, pilihan pengobatan terbaik pada kondisi tersebut adalah operasi penggantian sendi. Operasi penggantian sendi adalah suatu jenis operasi yang dilakukan untuk mengganti sendi yang telah mengalami kerusakan dengan sendi buatan yang disebut prothesa.

Dewasa ini sudah cukup banyak sendi di tubuh manusia yang dapat diganti dengan sendi buatan. Sendi-sendi yang dapat diganti adalah sendi bahu, siku, jari-jari tangan, pinggul, lutut dan pergelangan kaki. Namun demikian, sendi yang paling banyak diganti karena mengalami kerusakan adalah sendi lutut dan panggul. Sampai sekarang telah dilakukan jutaan operasi penggantian sendi lutut dan pinggul di seluruh dunia.

Operasi penggantian sendi lutut dan panggul bertujuan untuk menghilangkan nyeri sendi yang rusak, memperbaiki lingkup gerak sendi yang rusak, serta mengembalikan kemampuan penderita melakukan aktivitas harian tanpa rasa sakit.

Dengan demikian, operasi penggantian sendi merupakan satu-satunya bentuk pengobatan terbaik untuk sendi lutut atau panggul yang telah mengalami kerusakan khususnya osteoartritis derajat berat (grade 4). Setelah menjalani operasi penggantian sendi, penderita diijinkan untuk berjalan cepat, naik turun tangga, berenang, naik sepeda dan bahkan bermain golf. Penderita tidak dijinkan berlari dan melompat, karena akan memperpendek masa ketahanan sendi buatan.

Operasi penggantian sendi lutut dan panggul biasanya hanya berlangsung selama 1 jam. Sama seperti jenis operasi yang lain, di jaman modern ini operasi penggantian sendi merupakan operasi yang tidak menyakitkan dan menakutkan. Operasi penggantian sendi lutut dan panggul juga merupakan operasi yang aman bagi usia tua. Dengan teknologi dan ilmu kedokteran yang modern, operasi penggantian sendi lutut dan panggul juga aman bagi penderita yang mengidap kencing manis atau diabetes mellitus, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.


Narasumber :

dr. M. Nagieb,Sp.OT(K)

Spesialis Bedah Ortopedi dan Traumatologi Konsultan Panggul dan Lutut

OMNI Hospital Alam Sutera