Mengorek Kuping Itu Berbahaya, Benarkah?

Mengorek Kuping Itu Berbahaya, Benarkah?

Beberapa waktu lalu, salah satu teman saya sempat mengeluhkan telinganya sering sakit dan berdenging hingga membuat sakit kepala. Tak tahan, ia pergi ke dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan. Dokter tersebut menyalahkan kebiasaan teman saya yang suka mengorek kuping untuk keluhan-keluhannya. Benarkah upaya membersihkan rongga pendengaran sendiri dengan kapas untuk telinga justru menumpuk masalah?

“Sebagian besar telinga tidak perlu dibersihkan karena telinga punya mekanisme pembersihan. Jangan mengorek telinga dengan cutton bud karena kita tidak bisa melihat telinganya sendiri, apalagi ukuran rongga liang telinga manusia itu kecil, cutton bud akan menusuk ke mana-mana,” jelas dr. Yosita Rachman Sp THT-KL, dokter spesialis THT di RS Omni Hospitals kepada WomanTalk baru-baru ini.

 

Namun, telinga punya mekanisme sendiri dengan mengeluarkan wax yang bisa menimbulkan sensasi menggelitik hingga bikin kita ingin menggaruk dengan kapas untuk telinga. Sebagian orang akan mencoba menggunakan alat berupa pengeruk logam berukuran kecil. Bagaimana dengan hal itu?

“Apalagi menggunakan pengeruk logam. Sangat berbahaya. Logam dapat berkarat. Bila tertusuk, sama seperti tertusuk paku, bisa menyebabkan tetanus,” jelasnya lagi. 

Lalu, bagaimana cara membersihkan telinga? Dr Yosita menjelaskan, cukup bersihkan telinga bagian luar (daun telinga) dan lipatan-lipatannya dengan handuk setiap habis keramas. Pada telinga tertentu yang memiliki kotoran banyak bisa lakukan konsultasi ke dokter THT secara berkala 6 bulan sekali. 

Perlu diketahui, wax dalam telinga bukan masalah tubuh kecuali menumpuk. Bila kotoran telinga sudah menumpuk, biasanya akan terasa penuh, ada denging, dan suara-suara dari luar terdengar teredam. 

Bila masih tak nyaman membiarkan telinga tak dibersihkan di rumah, coba berkonsultasi untuk mendapatkan pengajaran cara pembersihan bagian dalam rongga telinga kepada dokter spesialis THT menggunakan obat khusus. Lalu, apa yang harus dilakukan dengan cotton bud yang sudah dibeli? 

 

 

 

Media online : Womantalk.com

Editor : Nadia

Pembicara : dr. Yosita Rachman, Sp. THT

Tema : Mengorek Kuping itu Berbahaya, Benarkah?

Hari & Tanggal : Senin, 16 Januari 2017

Link nya  :

https://womantalk.com/health-fitness/articles/mengorek-kuping-itu-berbahaya-benarkah-DPNX9