• Home
  • Articles
  • Pertolongan Pertama Ketika Seseorang Alami Serangan Jantung Mendadak
Pertolongan Pertama Ketika Seseorang Alami Serangan Jantung Mendadak

Pertolongan Pertama Ketika Seseorang Alami Serangan Jantung Mendadak

Serangan jantung yang sering datang tiba-tiba memang perlu mendapatkan penangan cepat. Bila terlambat ditangani risiko kemantian mendadak akan semakin meningkat. Namun, sebelum tiba di rumah sakit dan mendapatkan penanganan dari tim medis, keluarga atau orang-orang di sekitar sebetulnya juga bisa melakukan pertolongan sementara agar kondisinya tidak semakin memburuk.

dr. Inez Ariadne Siregar, SpJP selaku Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah OMNI Hospital Pulomas mengatakan bila ada anggota keluarga yang terkena serangan jantung, sebaiknya jangan panik dan tetap tenang dalam memberikan pertolongan pertama agar tidak melakukan tindakan ceroboh.

“Tindakan pertama yang harus dilakukan pertama kali adalah membaringkan orang tersebut agar lebih rileks dan jalan nafasnya menjadi lebih baik. Kemudian barang-barang di sekitar harus disingkirkan untuk memudahkannya menghirup udara,” ucap Inez. Selain itu, kondisi kesadaran pasien juga harus diperhatikan. Apabila tidak sadarkan diri, harus dipastikan kalau pernafasannya berjalan tetap baik.

Inez menambahkan, kalau dia kesulitan bernapas, keluarganya yang memiliki kemampuan basic life support dapat memberikan nafas buatan atau melakukan kompresi dada. Kami memang menganjurkan keluarga pasien penyakit jantung agar memiliki kemampuan tersebut. Selanjutnya, bila kondisinya sudah mulai membaik segera periksakan ke dokter spesialis jantung untuk penanganan lebih lanjut.

Bila jantungnya harus segera dioperasi, Inez juga mengingatkan untuk tidak menunda-nunda operasi yang justru bisa meningkatkan risiko lebih parah. “Bila tidak segera dioperasi, daya pompa jantung akan semakin menurun. Ini diakibatkan oleh pembuluh darah yang menyempit, sehingga suplai darah ke jantung berkurang. Kalau sudah begitu, risiko operasinya akan meningkat,” paparnya.