Alam Sutera DOCTORS

dr. Med. S.M.I. Supit, Sp.M,Ph.D

Doctor

Alam Sutera dr. Med. S.M.I. Supit

Dokter Spesialis Mata / Ophthalmologist

  • Pelatihan International Patient Safety Goal
  • Pelatihan Hand Hygiene
  • Pelatihan Basic Cardiac Life Support

Specialities

  • Dokter : Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia Jakarta.
  • Fakultas Kedokteran Universitas Johann W. Goethe Frankfurt Jerman.
  • Spesialis Mata: Fakultas Kedokteran Universitas Augen Klinik der Goethe, Jerman.

Pengalaman Kerja 

  • Ikatan Dinas sebagai Dokter Spesialis Mata di RS. Abdoel Moeloek, Bandar Lampung.
  • Staf Pengajar Akper.
  • Adaptasi Spesialis Mata di Departemen Mata RS.Dr.Kariadi.
  • FK Universitas Diponegoro, Semarang.
  • Wakil Kepala Departemen Mata di Teaching Hospital Akademisches Krankenhaus der University Bonn Lüdenscheid, Jerman.
  • Staff Mata di Teaching Hospital Akademisches Krankenhaus der University Bonn Lüdenscheid, Jerman.
  • Dokter Pembantu di RS Umum Pusat Goethe-Universitaet Kliniken, Frankfurt am Main, Jerman.

Pengalaman Organisasi

  • Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
  • Perhimpunan Dokter Ahli Mata Indonesia (PERDAMI).
  • Deutsche Ophthalmologische Geselschaft (DOG).
  • Gejala-Gejala Umum Masalah Pada Penyakit Mata

    Mata merupakan salah satu organ yang sangat penting pada tubuh kita dan berfungsi sebagai panca indera penglihatan. Oleh karena itu, kita patut menjaga kesehatan mata dengan melakukan pemeriksaan mata secara

    Read More

    Mata merupakan salah satu organ yang sangat penting pada tubuh kita dan berfungsi sebagai panca indera penglihatan. Oleh karena itu, kita patut menjaga kesehatan mata dengan melakukan pemeriksaan mata secara berkala misalnya minimal 6 bulan sekali. Supaya kesehatan mata Anda tetap terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit mata.

    Namun, secara umum ada dua gejala utama gangguan pada mata yaitu

    • Gangguan Penglihatan
    • Mata Merah

    Sakit mata? Masalah dengan penglihatan Anda? Air mata berlebih atau mata kemerahan?
    Di bawah ini adalah daftar gejala mata umum dan kondisi mata yang mungkin berhubungan. Mencatat jenis gejala yang di alami merupakan hal penting dalam membantu Anda dan dokter mata untuk mengetahui apabila terdapat masalah. Pemeriksaan mata dapat menentukan apa masalahnya dan bagaimana memperbaikinya.

    Apakah penglihatan Anda buram atau menyimpang?
    Penglihatan buram jangka panjang atau penglihatan menyimpang dapat dikarenakan oleh berbagai penyebab penyakit mata. Penglihatan buram, khususnya ketidakmampuan untuk melihat benda dengan jelas baik jauh atau dekat, merupakan tanda dari kesalahan refraksi sederhana seperti rabun jauh (miopia), rabun dekat (hiperopia), ataupun rabun buta (astigmatisma / presbiopia). Hal ini dapat diperbaiki dengan alat bantu koreksi penglihatan seperti kacamata, lensa kontak dan LASIK.

    Penyebab yang lebih serius dari penglihatan buram atau menyimpang adalah degenerasi makular yang berhubungan dengan usia, yang seringkali mempengaruhi penglihatan utama. Benda di tengah bidang pandang terlihat menyimpang, tetapi penglihatan perifer tetap jelas. Kondisi ini tidak dapat dibalikan dan dapat menyebabkan kebutaan bila tidak diobati, maka deteksi dini itu penting.

    Apakah penglihatan Anda redup?
    Memiliki penglihatan redup atau gelap, seperti ketika Anda melihat benda dalam kabut, mungkin merupakan gejala katarak. Kondisi ini berhubungan dengan usia dan merupakan kondisi progresif yang dapat menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani. Katarak dapat dengan mudah disingkirkan, maka dari itu penting untuk mendeteksi penyakit ini sedini mungkin. Penglihatan redup dapat juga disebabkan oleh kondisi medis lainnya seperti kekurangan vitamin A, penyakit menular karena hubungan seksual dan tumor mata. Jika mengalami penglihatan redup, segera kunjungi dokter mata  untuk deteksi dini dan pengobatan.

    Apakah Anda kehilangan lapang penglihatan perifer? Apakah Anda mengalami sakit mata?
    Jika penglihatan utama Anda baik, namun daerah diluar daerah pandang utama mulai kurang jelas atau buram, kemungkinan Anda kehilangan penglihatan perifer. Penglihatan perifer bertanggung jawab untuk mendeteksi gerak pada sudut daerah pandang dan merasakan bahaya yang datang. Penglihatan perifer yang lemah dapat membahayakan.

    Salah satu penyebab kehilangan penglihatan perifer adalah glaukoma, dimana biasanya tekanan mata tidak normal. Hilangnya penglihatan perifer tidak selalu terdeteksi namun seiring dengan bertambah parahnya glaukoma, mata dapat menjadi sangat nyeri dan menyebabkan kebutaan. Deteksi dini dan pengobatan penting untuk mencegah hilangnya penglihatan.

    Apakah mata Anda gatal atau berair?
    Jika Anda mengalami gatal berkepanjangan dan mata berair, Anda mungkin alergi terhadap serbuk tumbuhan, bulu binatang, atau benda asing lain yang ada di lingkungan. Kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, tetapi biasanya tidak sampai menyebabkan hilangnya penglihatan secara signifikan. Mata Anda mungkin mudah terkena iritasi dan lelah. Mata kering (dry eyes) juga dapat menyebabkan mata gatal dan berair. Dokter mata Anda dapat menentukan secara akurat penyebab ketidaknyamanan mata Anda dan menyarankan pengobatan.

    Apakah Anda melihat floaters dalam daerah pandang?
    Floaters adalah bintik aneh dan gelap yang kadang terlihat dalam daerah pandang penglihatan. Floaters terjadi pada saat gumpalan vitrous kecil (cairan seperti jeli) di dalam mata lepas dari dinding dalam mata. Melihat floater bisa merupakan indikasi pelepasan vitrous (vitreous detachment), atau masalah yang lebih serius seperti diabetes retinopati yang menyebabkan pembuluh darah pada retina melemah dan pecah. Akibatnya darah masuk ke dalam mata dan membentuk floaters. Floaters juga dapat disebabkan oleh terlepasnya retina (retinal detachment), yang merupakan kondisi serius ketika retina mata lepas dari lapisan lainnya pada mata. Apabila Anda melihat floaters, kunjungi dokter mata untuk diagnosa dini dan perawatan.

    Apakah Anda melihat kilatan (flashes)?
    Flashes tampak seperti lengkungan cahaya yang melintasi daerah pandang, atau terkadang seperti kilatan cahaya. Seperti halnya floaters, flashes merupakan gejala mata yang umumnya berhubungan dengan pelepasan vitrous dan, lebih serius, terlepasnya retina. Jika Anda melihat flashes, kunjungi dokter mata Anda untuk diagnosa dini dan pengobatan.

    Masalah penglihatan lain dan gejala penyakit mata
    Ada banyak gejala lain yang disebabkan oleh masalah mata. Sakit mata bisa disebabkan oleh goresan pada kornea atau tekanan internal mata, yang mungkin memberikan tanda bahaya terbentuknya glaukoma. Jika anda mengalami pengerakan kelopak mata berlebih, hal ini dapat disebabkan oleh alergi atau infeksi mata seperti mata kemerahan. Jika anda mengalami masalah di atas dengan mata atau penglihatan anda, kunjungi dokter mata anda untuk diagnosa dan perawatan dini.

Jadwal Praktek Dokter

Senin      :   16.00 - Selesai

Rabu       :   16.30 - Selesai