Berat Badan Aria Permana  Turun 17 Kg Setelah Operasi Bariatrik

Berat Badan Aria Permana Turun 17 Kg Setelah Operasi Bariatrik

Tim dokter RS Omni Alam Sutra berhasil melakukan operasi bariatrik dengan metode Sleeve Gastrectomy pada Aria Permana, anak berusia 11 tahun yang sempat mendapat sorotan akibat mengalami obesitas.  

Dr Handy Wing, SpB, FBMS, FINAC, FICS selaku ketua tim bedah yang menangani Aria menjelaskan, operasi bariatrik dilakukan untuk memperkecil lambung, sehingga kini ukurannya hanya tinggal sepertiga dari aslinya. "Ukuran lambung yang kecil ini akan membatasi porsi makan. 

Setelah operasi, Aria akan merasa cepat kenyang, dan rasa lapar berkurang karena menurunnya hormon Ghrelin. Setelah operasi, sisa lambung yang ada tetap mempertahankan fungsi normal proses pencernaan," papar dr Handy. 

Dr Handy menambahkan, operasi bariatrik saat ini dipandang sebagai terapi yang paling efektif untuk mengatasi obesitas dan menurunkan risiko diabetes akibat kelebihan berat badan.

Sayangnya, metode ini masih belum populer di Indonesia. 

Metode bedah dilakukan dengan teknik laparoskopi atau bedah minimal invasif, yaitu operasi dilakukan melalui lubang sayatan kecil berukuran 1 sentimeter sebanyak 3-4 buah. "Keuntungannya, rasa nyeri sangat berkurang. Dan bekas luka sayatan sangat kecil, sehingga secara kosmetik bekas luka operasi hampir tidak terlihat," jelas dr. Handy. 

Kurang lebih 3 minggu, berat badan Aria telah berkurang sebanyak 17 kg. Aria yang sebelumnya memiliki bobot 186 kg kini berada di angka 169 kg. 

Dr Agus Wahyudi, MBA selaku Direktur RS Omni Alam Sutera mengatakan penanganan Aria dilakukan tanpa memungut biaya. 

"Kami berharap Aria dan orangtua mematuhi arahan tim dokter sehingga secara berangsur dapat menikmati masa pertumbuhan dan perkembangan dengan kondisi normal." 


Sumber Media : https://today.line.me/ID/article/00b412a8bb7ddd296f500eabb356f95ee85b7f5041f31ea590657936dec0546f?openExternalBrowser=1